Senin, 30 Mei 2016

PENYEBAB PINGSAN

Pingsan merupakan suatu kondisi dimana tubuh kehilangan kesadaran dan juga keseimbangan. Pingsan biasanya secara mendadak dan sifatnya sementara saja. Saat pingsan orang tidak akan tahu apa yang akan terjadi berikutnya sehingga kesadaran benar-benar hilang.
Ada 15 penyebab terjadinya pingsan, yaitu:
1.      Kekurangan oksigen
 Oksigen memegang peranan penting dalam tubuh secara fungsional. Tidak adanya oksigen akan menyebabkan tubuh mengalami kemunduran atau bahkan dapat menimbulkan kematian. Oleh karena itu, kebutuhan oksigen merupakan kebutuhan yang paling utama dan sangat vital bagi tubuh. Pemenuhan kebutuhan oksigen ini tidak terlepas dari kondisi sistem pernapasan secara fungsional. Bila ada gangguan pada salah satu organ sistem respirasi, maka kebutuhan oksigen akan mengalami gangguan. Sering kali individu tidak menyadari terhadap pentingnya oksigen. Proses pernapasan dianggap sebagai sesuatu yang biasa-biasa saja. Banyak kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan dalam pemenuhan kebutuhan oksigen, seperti adanya sumbatan pada saluran pernapasan. Pada kondisi ini, individu merasakan pentingnya oksigen.
2.      Cuaca
Kondisi cuaca yang ekstrem terutama panas yang sangat  menyengat membuat metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang. Metabolisme yang tidak seimbang itu  akan menimbulkan  seseorang kehilangan keseimbangan hingga sampai pingsan. Cuaca yang terlalu panas juga membuat tubuh memiliki suhu badan yang lebih tinggi serta tingkat stress yang membuat konsentrasi hilang
3.      Dehidrasi
Kekurangan cairan didalam tubuh pemicu terjadinya pingsan. Cairan yang terlalu sedikit di dalam tubuh akan membuat sel-sel dan organ tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik.
4.      Lapar
Saat orang lapar dirinya akan menjadi lemas dan menimbulkan pingsan. . Jika Anda tidak makan atau kurang makan maka tubuh Anda sama saja juga tidak memiliki sumber energi. Saat pingsan kadar glukosa di dalam tubuh seseoang menjadi menurun
5.      Anemia
Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang atau sedikit akibatnya orang itu akan mengalami pusing bahkan pingsan.
6.      Shock
Shock adalah sebuah kondisi yang terjadi karena ada rasa kaget yang luar biasa sehingga menyebabkan kerja jantung juga bermasalah. Bahkan shock bisa menjadi sangat berbahaya jika orang tersebut sudah menderita beberapa penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner. Shock akan membuat seseorang pinsan namun kondisinya lebih cepat pulih atau bisa berulang sesuai dengan penyebab shock tersebut
7.      Perubahan irama jantung
perubahan irama jantung bisa menyebabkan seseorang pingsan dikarenakan terjadinya fluktuasi. Fluktuasi itu berpengaruh terhadap jumlah darah yang akan dipompa ke seluruh tubuh manusia. Jumlah darah yang dipompa itu bisa menyebabkan berkurangnya pasokan darah yang mengalir ke otak, jika jumlah darah berkurang pasokan oksigen pun juga akan berkurang. Hal tersebutlah yang bisa menyebabkan seseorang terkena pingsan. Kondisi ini biasanya juga sering terjadi pada orang yang menderita jenis penyakit jantung tertentu.
8.      Bius
Pingsan dengan cara dibius merupakan pingsan yang disengaja. Pingsan yang disengaja ini biasanya terjadi ketika tindakan medis. Bius dilakukan secara sengaja untuk membuat pasien yang menjalani prosedur medis tertentu tidak merasakan sakit dan trauma. Dalam waktu tertentu maka orang yang dibius akan sadar dan pulih kembali.
9.      Tekanan darah tinggi
Orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi juga bisa pingsan jika kondisi tekanan darahnya sedang naik. Berbagai gejala tekanan darah tinggi seperti kepala pusing, jantung berdebar, leher kaku, emosi tidak stabil, pandangan berkunang-kunang dan wajah yang terlihat lebih merah. Tekanan darah tinggi sering menyebabkan pembuluh darah di bagian otak mengalami tekanan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan pinsan.
10.  Tekanan darah rendah
Orang yang memiliki tekanan darah rendah bisa pingsan secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan penurunan tekanan darah di dalam saraf vagus sehingga membuat orang menjadi pingsan.
11.  Kehamilan
Pingsan juga bisa terjadi ketika wanita sedang hamil. Pingsan biasanya terjadi di saat wanita sedang hamil muda, sedangkan saat hamil tua pingsan jarang terjadi. Penyebab pingsan saat hamil tersebut beragam, contohnya saja pingsan dikarenakan anemia, kekurangan gizi dan juga tidur dalam posisi telentang dalam waktu yang lama.
12.  Alkohol dan obat terlarang
Alkohol dan obat terlarang seperti narkotika bisa membuat seseorang kehilangan kesadaran dan juga pingsan. Alkohol akan mempengaruhi kesadaran karena langsung diserap ke dalam aliran darah sehingga mempengaruhi sinyal kesadaran.
13.  Elektrolit tak seimbang
Orang yang memiliki kadar elektrolit yang tidak seimbang di dalam tubuhnya bisa menyebabkan seseorang menjadi pingsan. Alasannya adalah perubahan cairan di dalam tubuh secara tidak langsung bisa menyebabkan aliran darah di dalam tubuh dan juga menyebabkan perubahan tekanan darah. Untuk memenuhi kebutuhan elektrolit tubuh maka bisa minum air putih yang cukup dan istirahat jika tubuh sudah terlalu lelah saat melakukan kegiatan atau pekerjaan.
14.  Perubahan posisi tubuh mendadak
Ada pingsan yang disebabkan oleh kondisi yang umum seperti ketika seseorang sehabis duduk kemudian berdiri atau kondisi sehabis jongkok kemudian berdiri. Hal itu bisa menyebabkan pusing bahkan pingsan dikarenakan aliran darah tertahan di kaki atau berkumpul di kaki sehingga otak kekurangan aliran darah. Akibatnya bisa menimbulkan pusing juga menyebabkan pingsan.
15.  Efek samping obat

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan seseorang bisa pingsan secara tiba-tiba. Obat-obatan yang bisa membuat seseorang menjadi pingsan misalnya obat penurun darah, obat maag, obat penambah kalsium dan beberapa jenis obat lain. Pinsan hanya sebagai efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar