Senin, 30 Mei 2016

CEDERA LAINNYA

1.      DEHIDRASI
Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan sehingga tubuh tidak punya cukup cairan untuk menjalankan fungsi normalnya.
Menurut Lynda Jual Carpenito, 2000. Dehidrasi adalah keadaan dimana seseorang invididu yang tidak menjalani puasa mengalami mengalami dehidrasi vaskuler, interstitial atau intra vaskuler. Sedangkan menurut Sri Ayu Ambarwati, 2003. Dehidrasi adalah kekurangan cairan tubuh karena jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari pada jumlah cairan yang masuk.

2.      IPOTERMIA
Hipotermia merupakan suatu kondisi darurat medis di mana tubuh tidak sanggup mengembalikan suhu panas tubuh karena suhunya terlalu cepat turun. Kondisi ini membuat suhu tubuh  mencapai suhu yang sangat rendah—di bawah 35°C.
            Menurut Wikipedia: Hipotermia adalah suatu kondisi dimana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Hngipotermia juga dapat didefinisikan sebagai suhu bagian dalam tubuh di bawah 35 °C. Tubuh manusia mampu mengatur suhu pada zona termonetral, yaitu antara 36,5-37,5 °C. Di luar suhu tersebut, respon tubuh untuk mengatur suhu akan aktif menyeimbangkan produksi panas dan kehilangan panas dalam tubuh.

3.      KEJANG-KEJANG
Kejang merupakan peristiwa medis atau episode di mana tubuh gemetar tak terkendali atau getar tak terkendali, biasanya karena masalah atau kejang dalam sistem saraf. Kejang dapat berkisar dari kecil - getaran tangan singkat, misalnya - dengan sangat serius, sering melibatkan ketidaksadaran berkepanjangan dan kelumpuhan sementara. Semua berasal dari otak, tetapi bisa disebabkan oleh berbagai hal yang berbeda. Sebuah kondisi medis yang dikenal sebagai epilepsi sering salah satu akar penyebab yang paling umum.
Menurut Betz dan Sowden,2002 Kejang adalah perubahan fungsi otak mendadak dan sementara sebagai akibat dari aktivitas neuronal yang abnormal dan pelepasan listrik serebral yang berlebihan.

4.      SYOK
Syok merupakan kondisi kritis akibat penurunan mendadak dalam aliran darah yang melalui tubuh. Ada kegagalan sistem peredaran darah untuk mempertahankan aliran darah yang memadai sehingga pengiriman oksigen dan nutrisi ke organ vital terhambat. Kondisi ini juga mengganggu ginjal sehingga membatasi pembuangan llimbah dari tubuh.
Menurut Bruner & Suddarth,2002.Shock adalah suatu sindrom klinis akibat kegagalan akut fungsi sirkulasi yang menyebabkan ketidakcukupan perfusi jaringan dan oksigenasi jaringan, dengan akibat gangguan mekanisme homeostasis.

5.      PINGSAN

Pingsan merupakan hilangnya kesadaran sementara yang terjadi secara tiba-tiba dan sering menyebabkan orang yang mengalaminya terjatuh. Kondisi yang memiliki istilah medis ‘sinkop’ ini termasuk kondisi yang umum terjadi.
Menurut Perwira Ahli Dept. Kardiologi RSPAD Gatot Subroto, dr H.M Hari Utomo DSPJ, pingsan (sinkop) merupakan suatu gejala bahwa ada yang tidak beres di dalam tubuh. seringkali hal ini terjadi meskipun persiapan sudah cukup baik. misalnya, tidur yang cukup di malam sebelumnya atau sarapan pagi lebih dahulu.

6.      KOMA
Koma merupakan situasi darurat medis ketika penderitanya mengalami keadaan tidak sadar dalam jangka waktu tertentu. Ketidaksadaran ini disebabkan oleh menurunnya aktivitas di dalam otak yang dipicu oleh beberapa kondisi.

7.      MATI SURI
Mati suri merupakan keadaan saat usaha-usaha untuk menghidupkan kembali dilakukan sebelum seseorang menjadi hidup kembali. Pernapasan, detak jantung, dan fungsi spontan lainnya mungkin masih terjadi, tapi mereka hanya dapat dideteksi oleh sarana artifisial.

Menurut kepala departemen bedah syaraf rumah sakit mayapada tangerang, Dr Roslan Yusni Hasan, SpBs menjelaskan mati suri dalam dunia kedokteran adalah untuk kondisi seperti mati yang belum benar- benar mati. Aktivitas sel- sel tubuh dan organ- organ lainnya masih ada tetapi sangat minimal. Jadi kondisi naik sedikit atau membaik lagi, maka seseorang itu akan hidup lagi. Itu sebenarnya seperti tidur yang sangat dalam sampai hampir detak jantungnyapun tidak terdeteksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar