Senin, 07 Maret 2016

Pencegahan dan Perawatan Cedera



A.      TUJUAN DAN RUANG LINGKUP MATA KULIAH PENCEGAHAN DAN PERAWATAN


1.     Tujuan Mata Kuliah Pencegahan Cedera dan Perawatan


Mata kuliah pencegahan perawatan cedera dan p3k ialah mata kuliah yang di wajib kan pada program studi Penjaskesrek FKIP Unsyiah, dan bobot mata kuliah ini ialah 3 sks. Mata kuliah ini mengajarkan kita bagaimana cara mencegah cedera dan merawat nya, sehingga mahasiswa harus lebih tekun dalam mempelajari mata kuliah ini. Mata kuliah ini juga diwajibkan mempublikasikan apa itu Pencegahan Cedera dan Perawatan sehingga masyarakat seluruh dunia bisa mengetahui bagaimana cara dan materi untuk bisa dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam kegiatan berolahraga.
Tujuan dari mempelajari mata kuliah pencegahan perawatan cedera dan p3k ini adalah agar mahasiswa dapat mejelaskan secara akurat apa itu pencegahan perawatan cedera dan p3k, serta mengetahui bagaimana cara mencegah dan penyebab terjadinya dan bisa mempraktekkan bagaimana cara perawatan atau pertolongan terhadap cedera dan serta mampu mempraktekkan tentang p3k dalam kehidupan atau lingkungan nya serta untuk dirinya sendiri.

2.     Ruang Lingkup Mata Kuliah Pencegahan Cedera dan Perawatan


a.      Prinsip pencegahan, perawatan, dan cedera.
b.      Prinsip-prinsip pencegahan cedera terbagi menjadi 6 faktor, yaitu;
·         Faktor fasilitas
·         Faktor sarana pelindung
·         Faktor kebugaran jasmani
·         Faktor spikologi
·         Faktor perilaku olahraga
·         Warming up/cooling down
c.       Penyebab pencegahan cedera olahraga.
d.      Klasifikasi cedera olahraga.
e.      Prinsip dasar penanganan dan perawatan cedera.

B.      PENGERTIAN PENCEGAHAN CEDERA DAN PERAWATAN

1.       Pencegahan


Pencegahan berasal dari kata dasar “Cegah”, mempunyai awalan “Pen” serta Akhiran“an”. “Cegah memiliki arti proses, cara, perbuatan mencegah, penegahan penolakan” Menurut “kamus besar bahasa indonesia (2007)” pencegahan adalah proses cara, tindakan mencegah atau menahan agar sesuatu tidak terjadi. Dengan demikian pencegahan merupakan tindakan, pencegahan didentik dengan perilaku.
Pencegahan adalah menghindari dari kejadian atau sebelum terjadi hal yang tidak kita inginkan, yang akan menimbulkan kerugian bagi seseorang. Jadi pengertian dari pencegahan adalah melakukan suatu usaha atau melarang apa yang tidak di inginkan seseorang terjadi.

2.       CEDERA


Kata cedera berarti: Kerusakan, Terluka, perselisihan. (Syamsuri E) cedera adalah memar atau luka, atau dislokasi dari otot, sendi atau tulang yang disebabkan oleh kecelakaan, benturan (bodycontac) atau gerakan yang berlebihan sehingga otot, tulang, atau sendi tidak dapat menahan beban atau menjalankan tugasnya.
Cedera adalah sakit yang dialami oleh seseorang karna pergerakan yang dilakukan dalam melakukan suatu aktivitas dengan gerakan yang salah dan tanpa pemanasan. Jadi kesimpulan dari pengertian cedera ini adalah suatu aktivitas benturan yang keras dan menimbulkan rasa sakit pada bagian tubuh yang mengalami benturan.

3.       PERAWATAN


Perawatan ialah berasal dari kata kerja “Rawat” memiliki imbuhan dengan awalan “Pe” dan akhiran “an”. Rawat memiliki arti memelihara, menjaga, dan memulihkan. Virginia Henderson (1978) Perawatan adalah upaya membantu individu baik yang sehat maupun sakit untuk menggunakan kekuatan, keinginan dan pengetahuan yang dimilikinya sehingga individu tersebut mampu melaksanakan aktivitas sehari-hari, sembuh dari penyakit atau meninggal dunia dengan tenang. Tenaga perawat berperan menolong individu agar tidak menggantungkan diri pada bantuan orang lain dalam waktu secepat mungkin.
Perawatan adalah perilaku yang baik yang mempraktekkan pertolongan pengobatan pada yang membutuhkan . Jadi kesimpulan pengertian dari perawatan adalah menjaga dan merawat individu yang memerlukan bantuan untuk bisa kembali sehat.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar